Author Guidelines

Kerangka Artikel terdiri dari :  

  1. Judul, 
  2. Identitas Penulis,
  3. Abstrak,
  4. Pendahuluan,
  5. Metode Penelitian,
  6. Hasil dan Pembahasan,
  7. Kesimpulan,  
  8. Daftar Pustaka

Jumlah halaman pada artikel pada jurnal ini minimal 8 halaman. Setiap artikel yang dimuat dalam Journal of STIKes Awal Bros Pekanbaru harus menyesuaikan dengan aturan baku sesuai di panduan ini yang mengacu pada jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier (www.sciencedirect.com). Untuk template penulisan jurnal bisa didownload di website.

Judul Penelitian

Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya  paling banyak 12 kata.

Abstract

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris, berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching). Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 6 kata kunci. Kata kunci yang ditulis haraus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

Pendahuluan

Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul  (sub-heading).

Metode Penelitian

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan  mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.

Kesimpulan

Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.

Daftar Pustaka

Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip. Daftar Pustaka ditulis secara berurutan menurut abjad sesuai huruf pertama nama penulis. Para penulis yang dirujuk sesuai pada daftar pustaka yang diberikan.  Contoh penulisan diberikan pada Pedoman Penulisan untuk JSABP.

Format Penulisan Pustaka

Artikel jurnal: (Times New Roman, 12)

Andriani, Sunarto (2009). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan DenganKepuasan Pasien Rawat Inap di Badan PelayananKesehatan Rumah Sakit Umum DaerahKabupaten Magelang. https://publikasiilmiah.ums.ac.id. Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, Volume. 2, No. 1, Juni 2009. Diakses 26 Februari 2016.

Buku :

Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Prosiding seminar:

Abdul Rashid, Nur Shahidah, Yoshandi, Tengku Mohammad, Arman Ab, Sukiman Sarmani, Mohamed, Faizal, dan Siong, Khoo Kok. 2016. The Study of Equivalent Dose of uranium in Long Bean (V.U Sesquipedalis) and the effect on human. AIP Conference Proceedings 1704

Skripsi/tesis/disertasi:

Heinzelman, W., 2000.  Application-specific protocol architectures for wireless networks, Ph.D. dissertation, Massachusetts Institute of Technology,Cambridge.

Internet:

Honeycutt, H., 2011.  Communication and Design Course, 1998. Website: http://dcr.rpi.edu/commdesign/class1.html, diakses tanggal 3 Maret.